Kesalahan-kesalahan Penderita Maag

Menurut gw pribadi Sakit Maag merupakan sakit yang bisa membunuh manusia secara perlahan lahan. Makanya timbullah sebuah ungkapan Sakit Maag merupakan Silent Killer. Si Pembunuh dalam diam dan pencabut nyawa yang sudah kita anggap enteng. Disini gw mau memberi info kesalahan dasar dan terbesar para penderita maag

MAAG

 

Salah satu kesalahan terbesar para penderita Maag adalah :

  • Langsung Minum Obat Maag. Minum obat maagh supaya bisa makan adalah ❌ (salah). Pada hal yang penting jangan makan dulu supaya Lambung bisa istirahat. Ambil sedikit Garam, isap perlahan. Dalam hitungan menit lambung akan terasa nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada Garam.
  • Tidak Memahami. Banyak penderita Maag berpikir bahwa mereka tidak ingin tergantung pada Obat. Mereka pikir Asam dalam Lambung akan hilang saat diberi makanan atau minuman manis atau akan hilang dengan berlalunya waktu. Hal tersebut merupakan pola pikir yang salah dan keliru. Asam lambung bersifat KOROSIF yang membantu proses cerna.  Tapi sangat merusak jika berlebihan. SEGERA netralisir asam dengan menghisap Garam. Lalu bikin larutan Garam yang hangat + tetesan Lemon/Jeruk Nipis.  Lemon rasa asem tapi sifatnya basa. Rasa asem dari lemon ditekan dengan asinnya Garam.
  • Tidak Meyadari Penyebabnya. Banyak penderita Maag berpikir bahwa sakit Maag itu dsebabkan karena :
  • Telat Makan
  • Minum Kopi
  • Makan Asam
  • Makan Pedas
  • Makan Beras Ketan
  • Makan Bersantan

BUKAN!!!

Penyebab utamanya bukan itu. Telat makan, Kopi, Asam & Pedas, Ketan & Santan dan lain-lain itu hanya PENYEBAB SEKUNDER.

Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah justru :

  • Setress
  • Kurang gerak

STRES.

Stress itu sendiri menduduki tempat paling utama penyebab Tukak Lambung.  Konsentrasi Asam Lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat Stress dibanding saat telat makan.

KURANG GERAK.

Tubuh membuat gerak peristaltic pada Usus dan Lambung melemah sehingga Asam Lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk.  Misalnya habis makan langsung tidur-tiduran akan membuat Usus tidak mencerna dengan baik. Akibatnya bisa memicu Asam Lambung keluar lebih banyak karena Lambung “berpikir” bahwa makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses cerna sebelumnya.

Gerakan-gerakan dalam  yoga harus dilakukan. Memperlama yoga akan memberi kesempatan isi Lambung dan Usus jadi bergerak dan lebih cepat tercampur rata dengan Enzim-enzim dalam Lambung dan Usus.

Untuk mencegah Maag kambuh Anda perlu menghindari faktor pencetus seperti diatas dan sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Bila keluhan Maag Anda disertai rasa terbakar dari Ulu Hati menjalar hingga Leher dan Pangkal Lidah, disertai Mulut terasa pahit, Gigi mudah berlubang, bau Mulut maka kemungkinan Anda mengalami Gerd (Gastroesofagal Refluks). Yaitu bentuk Maag yang lebih berat karena terjadi aliran balik Asam Lambung dan menyebabkan iritasi sepanjang saluran pencernaan atas.

KONSUMSI YANG KELIRU

Banyak mereka yang sakit Maag mengira bahwa konsumsi Sayur dan Buah bisa membantu mengurangi gejala sakit Maag.

SALAH BESAR!!

Konsumsi Daging yang lebih banyak justru sangat membantu penderita sakit Maag. Karena Daging lebih lama proses cernanya daripada Sayur atau Buah. Sehingga Asam Lambung bekerja maximal menghancurkan Daging yang Anda makan. Bukan menghancurkan Tubuh Anda.

SAKIT MAAG karena Bakteri HELICOBACTERPYLORI

Ada salah satu penyebab sakit Maag yang disebabkan karena serangan Bakteri.Jika parah hal ini perlu penanganan medis khusus. Kalau tidak percaya coba test sendiri. Tidak usah sikat gigi sebelum tidur. Maka besoknya jika sakit Maag anda kambuh maka kemungkinan sakit Maag anda disebabkan oleh Bakteri Helicobacterpylori yang sebenarnya Bakteri yang penting juga untuk proses cerna dan umumnya bersarang di Mulut. Tapi jika berlebih karena tidak sikat gigi dan kemudian tertelan hingga ke Lambung maka akan menyebabkan Tukak Lambung.

Kalau yang jenis ini obatnya gampang.  Rajin-rajinah sikat gigi sebelum tidur. Bangun tidur dan setelah makan.

SAKIT Maag ITU TIDAK BISA SEMBUH SEUMUR HIDUP.

Karena sebenarnya itu bukan penyakit. Tapi sudah mekanisme alami Tubuh.  Seperti Anda makan trus diproses dan dibuang oleh Anus ke jamban. Kebelet buang air besar itu natural. Demikian pula Asam Lambung itu wajar. Bahkan berperan penting bagi proses cerna. Karena itu…Biasanya sesekali tetap akan muncul Tukak Lambung tersebut. Yang penting adalah menjaganya untuk tidak berlebih dan menyebabkan sakit dan komplikasi yang lebih parah. Asam Lambung itu normal dan penting bagi proses cerna dalam Tubuh. Tapi jika berlebih dan tidak dikelola dengan baik bisa melumpuhkan.

Demikian Sekilas Tentang MAAG, semoga dapat membantu buat kalian semua. ALWAYS KEEP HEALTHY GUYS

Leave a comment